Pastor Natalis Hanepitia Gobai, Pr.: Banyak Berkarya Banyak Berbicara



Buku ‘Pastor Natalis Hanepitia Gobai, Pr.: Banyak Berkarya Banyak Berbicara’ ini merupakan buku karya Martinus Kegobuy Muyapa, yang mengisahkan tentang perjalanan hidup dan karya-karya Pater Natalis Gobai, Pr semasa hidupnya di dunia ini.

Pater Natalis Gobai, Pr. yang sering disapa Pater Nato dalam buku ini diulas secara singkat, padat dan jelas dari panggilannya menjadi seorang guru, pastor hingga ajal menjemputnya (1 Februari 2015). Para penulis dalam buku ini juga mengulas beberapa pandangan Pater Nato akan hakekat kehidupan manusia dan kenangan bersama Pater Nato yang pernah dilihat, dialami dan dirasakannya.

Tulisan yang pernah ditulis pater Nato pun ditulis kembali dalam buku ini, yakni Pendidikan Anak, Yosepha Alomang: Simbol Emansipasi Perempuan Papua. Ini menunjukan keprihatinan pater Nato di dunia pendidikan, HAM dan berbagai persoalan lainnya.

Di bagian lain, dimuat pandangan para tokoh terhadap pater Nato, diantaranya: Leo Laba Ladjar, OFM (Uskup Jayapura), Pater Yan Warpopor, Pr. (Pastor kedua orang Papua), Theodorus Makai, Pr. (Pater pertama orang Mee), dan beberapa tokoh yang lainnya.

Semasa hidupnya, teristimewa setelah ditahbiskan menjadi seorang imam, Pater Nato dalam buku ini dikatakan bahwa, ia adalah sesosok pendidik, gembala dan pembela kaum lemah. Ia berjuang terus untuk memanusiakan manusia.

Berikut ini adalah cuplikan pengantar penulis:

Buku ini adalah sebuah upaya untuk mengabadikan sekelumit keluasan jejak keluhuran dan ketaladan Pastor Natalis Hanepitia Gobai, Pr. sebagai figure gembala, pendidik, tokoh masyarakat dan pejuang kemanusiaan dari Papua, antara lain dengan mengungkapkan jejak-jejak pengalamannya dalam menggenapi panggilan tugasnya berdasarkan bingkai pemahaman “Banyak Berbicara Banyak Berkarya” --- demikian ungkapan tersebut penulis angkat sebagai judul buku ini untuk menaungi segi-segi pelayanan beliau sebagai imam dalam rangka semakin memuliakan Allah yang senantiasa menghadirkan daya-dayaNya dalam jiwa setiap insan yang selalu teguh tegak lurus dalam mengupayakan dan memperjuangkan kehidupan bersama yang lebih baik.
Pater Natalis Hanepitia Gobai, Pr. merupakan pastor projo kelima putra Papua setelah Soter Nautje, Yan Warpopor, Theodorus Makai dan Jack Mote. Pastor Nato Gobai yang Banyak Berbicara Banyak Berkarya kini tidak bersama kita umat dan masyarakat Papua sejak 1 Februari 2015, namun kami berupaya untuk melanjutkan karya-karya nyata di tengah dunia yang sedang mengglobal. Untuk itulah buku ini disusun agar karya-karya yang bukan hanya sebagai Imam tetapi juga pada bidang HAM, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan sosial kemasyarakatan lainnya dapat dibaca oleh generasi muda Papua agar kita dapat meneladaninya serta mengimplementasikan dalam kehidupan ini.
 


Judul:
Pastor Natalis Hanepitia Gobai, Pr.: Banyak Berkarya Banyak Berbicara

Penerbit:
asdaMEDIA

Tahun Terbit:
2017

Penulis:
Martinus Kegobuy Muyapa

ISBN:
978-602-0833-89-7

Tebal:
181 halaman
Share on Google Plus

About Admin

0 komentar: