Alam dan Manusia

Menjaga Hubungan yang Harmonis antara Alam dan Manusia



Foto: swarajalanan.blogspot.com

Di negara maju sekalipun, alam tetap menjadi penopang hidup manusia. Tanpa alam manusia tak bisa hidup di dunia ini. Dari alam, manusia memperoleh dan memenuhi kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Dari alam pula, manusia memperoleh inspirasi. Untuk itu, manusia sebagai mahluk berpikir mesti menjaga keharmonisan dengan lingkungan alam.
 
Karena alam turut menopang hidup manusia, maka sudah selayaknya manusia melestarikan alam. Tapi nyatanya, entah di belahan bumi mana pun manusia sering bahkan selalu tak bersahabat dengan alam. Malah manusia merusaki alam.
 
Tak bisa lagi kita katakan alam kita masih asri dan terlestari. Alam yang dulu masih perawan dieksplorasi oleh manusia-manusia tak bertanggungjawab. Jangankan di negara-negara yang sudah dikategorikan negara maju, di negara-negara yang baru berkembang saja sudah tidak melestarikan alam.
 
Dimana-mana terjadi kebakaran hutan, illegal lodging, illegal fishing, illegal mining, tanpa memedulikan kerusakan lingkungan alam yang diakibatkannya. Ketika terjadi kebakaran hutan, habitatnya ikut musnah dilahap nyala api. Ada perasaan iba manusia? Ataukah manusia membenci keberadaannya?
 
Jagalah alam tetap lestari!   (Vitalis Goo)
Share on Google Plus

About Admin

0 komentar: